1.
Faktor–faktor yang mempengaruhi layanan
telematika dapat di akses dengan mudah:
a.
Jaringan Internet Wireless Gratis
Jaringan internet wirelless yang mudah di akses, seperti di kampus, food court,Lawson,SevenEleven, Indomart, Alfamart yang disediakan gratis kepada para
mahasiswa/pembeli, membuat mereka dengan mudah dapat terkoneksi ke
internet dan
bisa menikmati berbagai layanan yang ada di internet
b.
Paket Internet Murah
Dengan adanya packet internet murah yang di sediakan provider, akan
semakin banyak user yang membeli paket tersebut. Dan mereka dengan mudah bisa
menikmati layanan yang ada di internet
c.
Media Sosial
Media sosial merupakan salah satu yang paling banyak di gunakan oleh
user, karena sangat simple untuk digunakan dan mempunyai daya tarik tersendiri
sehingga banyak user yang menggunakan media sosial tersebut untuk berkomunikasi satu
sama lain.
2.
Peranan telematika di berbagai bidang, Contoh
telematika di bidang pendidikan,
Dengan berkembangnya teknologi, khususnya di bidang
teknologi informasi peranan telematika sangat dibutuhkan karena teknologi
modern menyediakan layanan dan sumber informasi yang mudah di akses
Peranan telematika di bidang pendidikan , salah
satunya dengan adanya studentsitte di UG. Dengan adanya layanan ini setiap
mahasiswa dapat dengan mudah mengakses setiap layanan yang ada di studentsite
tersebut, misalnya melihat IPK, mengumpulkan tugas, melihat jadwal kuliah ,
UAS, UTS dan masih banyak layanan lain yang bisa diakses
3.
Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mengurangi
dampak negatif dari telematika
a.
Tindakan kejahatan yang dilakukan dengan
mengguankan media internet. Contohnya, tindakan yang disebut
carding adalah cyber, dapat menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi.
b.
Penyebaran Virus atau malicious ware fraud atau
penipuan yang menggunakan
electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.
c.
Kejahatan Telematika merugikan individu, misal
lima orang hacker (penyusup) yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400
ata kartu kredit milik orang Russia dan orang asing
4.
Fungsi telematika
a.
Penyampai informasi. Telematika digunakan
sebagai penyampai informasi agar orang yang melakukan Komunikasi menjadi lebih
berpengetahuan dari sebelumnya. Bertambahnya pengetahuan manusia akan
meningkatan keterampilan hidup, menambah kecerdasan, meningkatkan kesadaran dan
wawasan.
b.
Sarana Kontak sosial hidup bermasyarakat.
Interaksi sosial menimbulkan kebersamaan; keakraban, dan kesatuan yang akan
melahirkan kerjasama. Telematika menjadi penghubung diantara peserta kerjasama
tersebut, walaupun mereka tersebar dimana-mana. Telematika menjembatani proses
interaksi sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai
tambah dibanding hasil perseorangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar